Cara Agar Anak Berakhlak Baik Sejak Dini

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ayah, Bunda yang dirahmati Allah, mirisnya pergaulan anak pada zaman ini membuat kita takut, jika anak kita terjerumus kedalam pergaulan yang tidak baik, banyak sekali faktor yang membuat hal ini bisa terjadi, seperti dari faktor lingkungan, keluarga, teman dan lain – lain.

Lalu, bagaimana cara kita mengatasi dan memastikan anak-anak kita mendapatkan pergaulan yang baik yang tentunya dapat membanggakan ayah dan bunda :

Mari kita bahas bersama, berikut beberapa cara agar anak berakhalak baik sejak dini.

1. Tanamkan Kalimat Tauhid

Dalam mendidik anak secara islam, tentu saja kita harus mulai mengenalkan dasar-dasar Islam pada anak kita termasuk menanamkan kalimat Tauhid, apa itu kalimat tauhid? kalimat tauhid adalah kalimat Lailahaillah. Hal ini dilakukan untuk menanamkan rasa cintanya pada Allah SWT dan Islam. Hal ini sesuai dengan Hadist dari Ibnu Abbas.

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illallah”. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya “Lailah-illallah”, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (H.R Ibnu Abbas)

2. Dekatkan Mereka dengan Al Qur’an

Anak adalah asset berharga untuk dunia dan akhirat. Anak yang shalih shalihah akan menyayangi kita dan mendoakan ketika kita telah tiada. Amal-amal shalih yang kita ajarkan kepada anak pun bisa menjadi bekal di akhirat nanti. Salah satu amal shalih yang akan menolong kita adalah kedekatannya dengan Al Quran.

Al Qur’an akan menjadi teman yang baik untuk mereka, bayangkan jika anak-anak kita menjadi para penghafal Qur’an, maka mereka sudah menyiapkan Mahkota dan Jubah untuk kita para orang tua kelak di Syurga.

3. Ajarkan Anak senantiasa Mendirikan Sholat

Mulailah sejak dini untuk mengajarkan anak-anak kita sholat. Meskipun tak selalu melaksanakan sholat dengan penuh dan khusyu’, namun ini bisa melatih anak bagaimana sholat. Saat anak telah memahami mana arah kanan ataupun arah kiri, kita bisa mengajarkan mengenai arah kiblat. Setelah itu cobalah untuk mulai mengajaknya sholat.

Kemudian perlahan-lahan ajarilah anak kita untuk berwudhu. Tentu saja kita harus memberikan tuntunan yang baik dan tidak membuat sang anak bingung. Saat anak kita berusia tujuh tahun kita bisa menyuruhnya untuk ikut melaksanakan sholat. Hal ini juga tertuang dalam sebuah Hadist dari Ahmad dan Abu Dawud.

“Suruhlah anak-anakmu shalat ketika berumur tujuh tahun, pukullah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

4. Ajarkan anak agar Gemar Bersedekah

Mama pasti sudah paham betul bahwa bersedekah itu penting bagi perkembangan jiwa dan iman seseorang. Selain itu, bersedekah adalah bentuk empati dan tindakan nyata untuk menolong sesama yang kurang beruntung. Akan tetapi, anak-anak tidak akan menyadari hal ini secara otomatis. Mama bertugas untuk menanamkan nilai-nilai tersebut dalam diri buah hati.

Kebiasaan bersedekah harus diajarkan sedini mungkin karena ini akan melatih anak supaya tulus dan ikhlas saat melakukannya. Jadi bersedekah bukan cuma jadi kewajiban saja, melainkan datang dari kerinduan dalam hati si kecil.

Mengajari anak bersedekah sejak kecil juga jadi kesempatan baik untuk membantu anak mengatur keuangannya. Nantinya di masa depan, ia harus mengatur sendiri pengeluaran dan pendapatannya.

Dengan mengajari bersedekah dari kecil, anak pun mengembangkan insting untuk selalu menyisihkan pendapatannya untuk bersedekah. Bukan hanya kadang-kadang saja kalau sedang ada rezeki berlebih.

5. Tumbuhkan Rasa Cinta mereka kepada Sang Nabi

Masa kanak-kanak merupakan golden age yang semestinya dimanfaatkan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada sang suri teladan, karena cinta yang bersemi di hati anak akan menjelma menjadi sebuah kekaguman seiring dengan tumbuh kembangnya, selanjutnya ia akan mengidolakan dan menjadikannya menjadi sosok yang ia teladani dalam hidup.

Awalnya mungkin terasa agak sulit ketika kita menginginkan anak-anak kita mengidolakan Rasulullah Saw. Justru anak-anak lebih mengenal Superman, Spiderman, atau mungkin Spongebob, dll. Alasannya gampang, karena tokoh-tokoh tersebut bisa mereka saksikan lewat animasi, merekalah yang sering dilihat oleh anak-anak di televisi.

Mengenalkan pribadi yang hidup 14 abad lalu pada anak memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti mustahil.

6. Melatih anak ikut berpuasa

Saat bulan Ramadhan tiba, kita bisa mengikut sertakan anak kita untuk ikut berpuasa. Ajaklah anak kita untuk ikut bangun saat waktu sahur tiba. Namun di Indonesia sendiri ada istilah puasa setengah hari. Kita juga bisa mngajarkan anak kita untuk berpuasa setengah hari pada awalnya.

Akan tetapi kita juga harus mengajarkan puasa penuh untuknya. Selain itu, saat berpuasa ini, kita bisa juga menceritakan kenapa harus berpuasa, ataupun manfaat berpuasa. Meski tak semua anak kecil dapat memahaminya, akan tetapi masukan ini bisa terekam oleh memory kecilnya.

Nah itulah beberapa cara agar anak berperilaku atau berakhlak baik sejak dini , dan alhamdulillah SDIT Al Fajr telah melaksanakan cara – cara diatas dengan Program Unggulan PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH. Dengan Live With Allah, Live With Qur’an dan Seven Habits Islamic Character Building. Penasaran…. klik link dibawah ini.

Mudah- mudahan dengan artikel ini bermanfaat untuk ayah dan bunda dan anak – anak kita menjadi anak yang sholeh – sholehah dan juga para penghafal Qur’an.

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan Lupa Like, Komen dan Share. Jazakumullahu Khoiron Katsiron. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Cara Agar Anak Berakhlak Baik Sejak Dini

4 gagasan untuk “Cara Agar Anak Berakhlak Baik Sejak Dini

  • April 2, 2020 pukul 1:54 pm
    Permalink

    Wawwwwwww keren

    Balas
    • April 3, 2020 pukul 2:01 am
      Permalink

      terimakasih, untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi kolom kontak, untuk di pc. dan garis 3 untuk d hp bagian atas

      Balas
    • Juni 25, 2020 pukul 11:39 am
      Permalink

      thank you, if you like this article you can share it, and thank for your suppport

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *