CIRI ORANG MUNAFIK TIDAK MAU BERJIHAD

Prof. DR. KH Muhammad Fajar Laksana.,SE.,CQM.,MM.,Ph.D
Pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath

TADABBUR QS ALFATH AYAT 11 SD 14.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah berfirman dalam Qs Alfath ayat 11
yaitu menceritakan keadaan orang Munafikin dari suku Badwi pada tahun 6 Hijriyah di kota Madinah tidak mau diajak pergi berjihad melaksanakan Umrah (karena kota mekah masih dikuasai Kafir Quraisy) dan kemudian isitirahat dulu di Hudaibiyah sebelum memasuki kota mekah.

Suku Badwi tidak mau ikut dan meminta ijin kepada Nabi tidak bisa berjihad berjuang bersama Nabi dengan mengemukakan ujur alasan tidak ikut karena kesibukanya yaitu harta pekerjaan dan keluarganya menjadi alasan tidak bisa pergi berjihad dengan nabi, Padahal Allah tau behwa mereka sesungguhnya berbohong hanya mencari cari alasan untuk tidak berjihad, hal ini kemudian dijelaskan lagi oleh Allah dalm Qs Attaubah ayat 44 sd 45 Hanya orang tidak beriman yang tidak mau berjihad dengan nabi. maka ini disebut katagori orang Munafik.

Selanjutnya dalam Qs Alfath ayat 12, Orang munafik dari Suku Badwi mengira kalau Nabi pergi umrah ke Mekah (ini bagian dari jihad) mereka akan dibunuh oleh orang kafir (karena pada waktu itu kota mekah dikuasi oleh orang kafir) mereka berprasangka buruk kalau berjihad berperang itu akan menyebabkan mereke menderita, padahal Allah telah sampaikan di Qs Albaqarah 216, sesuatu yg dibenci oleh manusia munafikan yaitu berjihad dijalan Allah padahal itu baik dan disukai oleh Allah karena Allah mengetahui sedang kamu manusia tidak tau.

Maka prasangka buruk kepada nabi berarti berprasangka buruk kepada Allah padahal perintah berjihad itu sesungguhnya Allah ingin menolong orang Mukmin untuk mendapatkan kemenangan (Qs Al Anfal ayat 7, 8) maka kemudian Allah jelaskan kembali di Qs Ataubah ayat 81 orang Munafikin bergembira tidak ikut berjihad dengan harta dan diri mereka (tidak ikut nabi umrah ke mekah melewati hudaibiyah) maka Allah sampaikan bergembiralah wahai orang munafikin sedikit dan tertawalah sedikit karena orang munafikin yg tidak mau berjihad dengan harta dan dirinya akan disiksa si api neraka kekal abadi.

Kemudian dalam Qs Alfath ayat 13, Allah sampaikan kepada Orang Munafik yg tidak mau berjihad dengan harta dan dirinya contoh dalam ayat ini adalah pada tahun 6 hijriyah orang munafikin suku badwi yg tidak mau ikut umrah bersama nabi melalui hudaibiyah mereka disebutnya orang munafik yaitu sama dengan orang yg tidak beriman kepada Allah dan Rasul nya maka mereka akan disiksa di api Neraka kekal abadi hal ini ditekankan lagi oleh Allah dalam Qs Attaubah ayat 63 orang munafik akan disiksa di neraka kekal abadi, Kecuali orang yang bertobat tentunya oleh Allah akan mengampuninya.

Ini kemudian dijelaskan dalam Qs Alfath ayat 14
Bahwa Allah pemiliki kerajaan langit dan bumi maka Allah akan mengampuni orang yang bertobat memohona ampunan kepada Allah. maka Orang Munafik tentunya tidak akan diadzab oleh Allah kalau mereka memohon Ampunan Kepada Allah. hal ini dijelaskan lagi dalam Qs Annisa ayat 145, 146.

Berdasarkan Tadabbur Qs Alfath ayat 11 sd 14 Hanya Orang Munafik yg tidak mau di ajak berjihad dengan harta dan dirinya (Qs Al Anfal 72) sedangkan makna jihad itu luas bukan hanya perang fisik tapi jihad juga dengan harta, artinya orang yang tidak mau mengeluarkan zakat infak shodaqoh untuk memperjuangkan agama Allah itu berarti katagori munafik begitu pun orang yang mampu punya harta tapi tidak mau pergi haji dan umrah itu katagori munafik juga orang yang tidak mau ikut pengajian syiar dakwah memperjuangkan agama islam dan tidak mau masuk kedalam jamaah Islam untuk sama sama ikut memikirkan dan memperjuangan agama Allah dengan menguatkan membesarkan agama Allah maka orang tersebut dikatakn orang munafik.

Maka mari kita luangkan waktu pikiran tenaga yg kita miliki serta harta kita untuk digunakan memikirkan memperjuangkan agama Allah, jangan sampai kita hanya memikirkan dan memperjuangkan kepentingan kita dan keluarga kita sendiri luangkan waktu, pikiran, tenaga dan harta kita untuk memperjuangkan agama Allah agar kita tidak disebut orang munafikin.yang diancam dengan siksa api neraka yg kekal abadi.Naudzubillah Min Dzalik.

Wasalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

KAJIAN QUR’AN SURAT ALFATH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *