Manfaat Belajar Bela Diri untuk Anak

Kenapa sih di SDIT Al Fajr mempunyai keunggulan Pencak Silat?.. Nah.. ini menjadi salah satu alasanya.

Bela diri tidak hanya untuk orang dewasa. Anak-anak pun juga bisa belajar bela diri sejak dini. Semakin hari semakin banyak orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk ikut belajar bela diri. Fenomena ini sangat erat kaitannya dengan manfaat yang akan didapatkan bila anak belajar bela diri.

Apabila anak Anda sedang belajar bela diri maka lanjutkanlah. Bagi Anda yang belum mendaftarkan anak untuk ikutbela diri, sebaiknya Anda mengetahui manfaat belajar bela diri untuk yang akan dijelaskan di sini.

Manfaat belajar bela diri untuk anak

Bela diri memiliki banyak manfaat untuk anak baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Apabila Anda masih memiliki keraguan untuk memasukkan anak ke kelas bela diri maka sebaiknya Anda perlu mengetahui manfaat belajar bela diri untuk anak di bawah ini.

Berikut ini adalah manfaat belajar bela diri untuk anak:

1. Mengembangkan motorik halus dan kasar

Latihan bela diri akan membuat anak Anda untuk terus menggunakan anggota tubuhnya terutama tangan dan kaki. Bela diri akan mengembangkan kemampuan motorik halus dan kasar anak Anda.

Anak Anda juga akan memiliki koordinasi tubuh yang baik sehingga cenderung untuk menghindari cidera. Koordinasi tubuh yang baik bisa mempermudah anak-anak melakukan kegiatan fisik atau olahraga yang lain.

2. Menjadi lebih sehat

Aktivitas bela diri secara teratur akan membuat otot-otot tubuh semakin baik. Sistem kardiovaskular dan sistem pernapasan anak juga semakin baik. Hampir semua organ-organ tubuh mengalami perbaikan akibat aktivitas fisik bela diri.

Anak Anda bisa menyalurkan kelebihan energinya pada siang hari sampai habis dan ia bisa tidur nyenyak pada malam hari. Semakin hari ia akan memiliki gaya hidup yang sehat. Kesehatan tubuh anak sangatlah penting untuk masa depannya. Tubuh yang sehat biasanya memiliki kesempatan produktivitas yang lebih besar.

3. Meningkatkan kepercayaan diri

Tahukah Anda bahwa anak yang belajar bela diri mengalami peningkatan kepercayaan diri hingga sepuluh kali lipat. Berawal dari rasa percaya diri dalam hal fisik akan berlanjut kepada kepercayaan diri pada hal lain.

Rasa percaya diri yang terus melekat akan menjadi sebuah karakter baginya. Hal ini tentunya sangat memengaruhi masa depannya nanti. Anak Anda akan selalu yakin dan percaya bahwa dirinya pasti bisa sukses.

4. Disiplin dan bertanggung jawab

Ternyata, manfaat belajar bela diri pada anak-anak bisa melatih kedisiplinan mereka. Instruksi demi instruksi yang diberikan dalam setiap teknik bela diri, tanpa disadari telah melatih kedisiplinan mereka untuk mengikuti instruksi tersebut.

Selain itu, memiliki ilmu diri adalah sebuah kelebihan yang harus disertai dengan tanggung jawab. Oleh karena itu, belajar ilmu diri selalu diiringi dengan nilai-nilai kehidupan yang penting seperti rasa tanggung jawab.

5. Kemampuan bersosialisasi yang baik

Setiap sesi belajar bela diri selalu dilakukan bersama-sama. Anak Anda tentunya akan selalu memiliki teman yang satu minat pada ilmu bela diri. Latihan demi latihan akan melatih sosialisasi anak Anda dengan orang tertua yang dihormatinya (guru), teman sebayanya, senior, dan juga juniornya.

Bermula dari sosialisasi di dalam kelas bela diri akan menjadi sebuah awalan yang baik bagi anak untuk terjun ke dalam cakupan sosialisasi yang lebih luas lagi. Kemampuan bersosialisasi merupakan bekal kehidupan yang penting untuk dimiliki sejak dini.

6. Terhindar dari bullying dan dihormati

Kemampuan bela diri yang telah dimiliki tentunya akan membuat teman-teman baik yang sebaya maupun yang berbeda usia akan mengurungkan niat untuk melakukan bullying kepada anak Anda. Anak Anda pun juga terhindar untuk melakukan bullying kepada orang lain karena rasa tanggung jawab yang telah ia miliki.

Lingkungan sekitar juga akan menghormati keberadaan anak Anda. Sadarkah Anda bahwa kemampuan bela diri yang hebat dan diikuti oleh nilai-nilai kehidupan yang positif selalu menjadikan para pahlawan dihormati oleh banyak orang.

7. Terjaganya keselamatan diri

Manfaat utama yang sering dirasakan oleh anak yang telah belajar bela diri adalah terjaganya keselamatannya. Anak yang belajar bela diri akan mengetahui teknik dasar pertahanan diri dan teknik melumpuhkan penyerang.

Ayah dan bunda, tidak perlu khawatir bila nanti anak akan melukai temannya. Teknik melumpuhkan penyerang yang diajarkan bukan bertujuan untuk melukai orang lain dengan parah. Akan tetapi, teknik penyerangan yang diajarkan memiliki tujuan agar anak bisa menjaga keselamatan dirinya.

Nah banyak sekali kan manfaat bela diri untuk anak, yuk nunggu apa lagi segera daftarkan anak – anak nya ke SDIT Al Fajr. Bisa sekolah sambil latihan bela diri.

sumber : https://doktersehat.com/manfaat-belajar-bela-diri/

Manfaat Belajar Bela Diri untuk Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *