Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Anak dirumah
Siswi SDIT Al Fajr bersama Mr. Julient dari Belgia

Sukabumi, 03 April 2020. Ayah dan bunda yang dirahmati Allah, semakin majunya perkembangan zaman saat ini ,selain teknologi maka bahasa adalah salah satu yang penting dipelajari oleh anak.

Selain mengajarkan mereka mencintai bahasanya sendiri, bahasa Inggris juga bagus untuk diajarkan kepada anak- anak kita. Terlebih pada zaman sekarang banyak teknologi yang menggunakan bahasa Inggris, oleh karena itu dengan anak berkemampuan bahasa inggris maka akan mempermudah mereka untuk berkomunikasi dan mengakses teknologi pada zaman ini.

Oleh karena itu mari kita mulai ajarkan bahasa Inggris kepada mereka.

Lalu, Bagaimana cara memulainya?

banyak orang tua ingin mengajarkan Bahasa Inggris pada anak-anak mereka di rumah, tetapi tidak tahu bagaimana cara memulainya. Tidak masalah bila Bahasa Inggris kita belum sempurna. Hal yang paling penting adalah kita harus menunjukkan antusiasme karena hal tersebut akan memotivasi anak kita untuk belajar. Jangan khawatir apabila anak kita tidak langusng bisa berbicara bahasa Inggris. Mereka membutuhkan waktu untuk menyerap bahasa. Bersabarlah, dan mereka akan memulai berbicara bahasa Inggris di waktu yang tepat.

Lalu, Bagaimana cara memulainya?

Bangun rutinitas dengan membuat jadwal tertentu untuk mulai berbahasa Inggris di rumah. Buat jadwal yang singkat namun sering. Lima belas menit adalah waktu yang cukup untuk mengajarkan anak yang masih kecil. Tingkatkan sesi berbahasa Inggris seiring dengan bertambahnya usia dan meningkatnya konsentrasi anak. Tetap lakukan aktivitas yang singkat dan bervariasi untuk menjaga perhatian anak

Cobalah lakukan hal-hal yang bervariasi di waktu yang sama setiap hari. Anak-anak akan merasa lebih nyaman dan percaya diri ketika mereka tahu apa yang dilakukan. Sebagai contoh, kita dapat melakukan permainan bahasa Inggris setiap hari setelah pulang sekolah, atau membaca cerita bahasa Inggris sebelum tidur. Jika memiliki ruang yang cukup di rumah, kita dapat membuat sudut sebagai tempat menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan bahasa Inggris, seperti buku, permainan, DVD, atau sesuatu yang dibuat oleh anak. Pengulangan adalah hal yang penting. Anak-anak perlu mendengar kata-kata atau frase beberapa kali, sebelum mereka siap untuk mengucapkannya sendiri.

Lalu, Bagaimana cara memulainya?

banyak sekali aplikasi games yang menarik dan menyediakan konten untuk melatih mereka berbahasa Inggris.

Gunakan Lagu

Lagu adalah cara yang paling efektif untuk belajar kosakata baru dan memperbaiki cara pengucapan. Nyanyian dengan gaya/ tarian sangat bagus untuk anak yang masih kecil karena dapat mengikuti gerakan meskipun belum bisa menyanyikan lagunya. Gaya atau tarian tersebut sering menggambarkan makna atau arti dari lagu. Ada banyak lagu animasi yang bagus di LearnEnglish yang bisa Kita dengarkan bersama anak.

Gunakan Lagu

Kita bisa memulai dengan beberapa topik sederhana, seperti:
– Angka-angka (1-10,10-20,20-100)
– Warna
– Kata Sifat (Misalnya, besar, kecil, tinggi, senang, sedih)
– Bagian-bagian tubuh
– Mainan
– Pakaian
– Hewan (Hewan peliharaan, hewan liar)
– Makanan
Kita dapat menemukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dalam topik yang luas dan beragam di Learning Kids. Hal lain yang juga penting agar anak terbiasa dengan bahasa Inggris adalah menggunakan kosakata yang sama untuk anak setiap waktu. Misalnya “It is English time! Please sit down.” Selain itu, anak-anak akan mudah mengangkap frase seperti:

“Please, Thank You, Can I have?”
“Where is…?”
“Point to…”
“ What color is it?”
“ It is…”
“ I like…” “What is this…?”
“ I don’t like…”
Apapun pendekatan Kita , hal yang paling penting adalah tenang, dan buat belajar bahasa Inggris menjadi sangat menyenangkan untuk Kita dan anak.

Sumber dari https://www.britishcouncilfoundation.id/english/articles/start-teaching-kids-at-home

Ayah bunda tau tidak SDIT Al Fajr bisa membantu untuk melatih bahasa Inggris kepada anak anak dengan Program Unggulan Bahasa Inggris dan Arab. Bagaimana prosesnya.. klik link dibawah ini.

https://sditalfajr.com/bahasa-arab-dan-inggris/

Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa untuk komen dan Share.

Jazakumullahu Khairon Katsiron.

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Anak dirumah

5 gagasan untuk “Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Anak dirumah

  • April 3, 2020 pukul 10:06 am
    Permalink

    Masyallah Luar Biasaa ,insyallah nanti anak saya akan masuk ke sd it Alfajr

    Balas
    • April 3, 2020 pukul 10:19 am
      Permalink

      Terimakasih bapak, ditunggu kedatangannya di sdit Al Fajr. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi nomor yang telah disediakan.

      Balas
  • April 3, 2020 pukul 11:17 am
    Permalink

    Anak saya siswi di sd al fajr..alhamdulillah…kosa kasa bahasa inggrisnya sudah banyak…alhamdulillah berkat bimbingan para pengajar….terimakasih…

    Balas
    • April 4, 2020 pukul 1:34 am
      Permalink

      Alhamdulillah, kami pun tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada para orang tua yang telah bekerja sama dengan sdit Al Fajr, dan terus mensuport segala kegiatan yang ada di sdit Al Fajr. Semoga Sdit Al Fajr bisa lebih baik lagi. Aamiin.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *